5 Cara Jitu Meningkatkan Omset Penjualan


Di dalam berbisnis diperlukanlah sebuah cara, karena cara-lah yang membedakan pemimpin pasar dengan pesaingnya. Berhasil atau tidaknya sebuah bisnis dapat dilihat berdasarkan tingkat penjualannya. Angka-angka penjualan adalah kenyataan bisnis yang mencerminkan keuntungan yang diperoleh. Dengan cara yang tepat maka hasil yang diperoleh akan maksimal.

Pada kenyataannya lebih banyak yang gagal dalam berbisnis dibandingkan yang berhasil. Kegagalan tersebut bukan saja kehilangan modal, tetapi juga kehilangan waktu dalam mengambil kesempatan dalam peluang yang telah berlalu, dan tidak akan pernah terjadi lagi. Gagalnya sebuah bisnis tentu karena penjualan yang rendah. Apapun alasannya, angka penjualan yang tidak sebesar dan seimbang dengan modal yang ditanam, tentu tidak menjamin kelangsungan bisnis anda.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan omset penjualan, yaitu :



  1. Mengutamakan Kualitas dan Inovasi Produk

    Ilustrasi kualitas dan inovasi

    Tidak bisa dipungkiri lagi, kualitas suatu produk adalah salah satu syarat utama untuk meningkatkan omset penjualannya. Dengan produk yang berkualitas, anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan banyak pelanggan. Saat satu pelanggan puas dengan kualitas produk tersebut, dia tentu tidak akan segan-segan mempromosikannya dengan orang lain. Daripada anda membuang uang untuk melakukan promosi, biarkanlah pelanggan anda yang melakukannya secara otomatis tanpa kita sadari. Selama mereka diperlakukan dengan baik, tentu mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis anda ke keluarga atau kerabat.


    Bisnis dengan produk yang sama di pasaran tidak akan tercapai maksimal jika anda hanya mengandalkan produk yang lama tanpa mengubah nilai dari produk tersebut. Inovasi sangat diperlukan bagi kelancaran usaha anda sekalipun anda memiliki modal yang cukup besar. Sebuah inovasi dalam bisnis itu mutlak diperlukan agar kita dapat bersaing didunia retail, namun tidak harus mengubah produk lama secara keseluruhan. Inovasi merupakan suatu cara bagi anda untuk membuat suatu produk baru dengan metode baru atau dengan desain baru yang lebih baik dari produk lama yang telah atau belum pernah dipasarkan. Inovasi juga bisa disebabkan karena permintaan pasar yang ingin mendapatkan barang baru dengan fungsi yang berbeda. Barang atau produk yang lama memang laku di pasaran namun konsumen menginginkan produk baru yang juga sama menariknya dengan produk lama. Kedua produk itu nantinya bisa memuaskan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan omset penjualan toko.


  2. Memberikan Pelayanan Terbaik

    Ilustrasi pelayanan terbaik

    Dalam melakukan penjualan, ada hal pertama yang anda perlu lakukan,yaitu memberikan kesan baik kepada pelanggan anda. Semua pelanggan pada dasarnya adalah sama. Mereka sama-sama membeli produk anda karena didorong oleh suatu kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka dikecewakan, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menjelek-jelekkan bisnis anda di depan banyak orang, begitu juga sebaliknya, jika mereka puas akan pelayanan yang telah anda berikan, mereka tidak akan segan-segan dalam mempromosikan bisnis anda dengan orang lain. Beri layanan yang memuaskan dan pelanggan pasti akan kembali kepada anda.


  3. Melakukan Promosi Secara Sederhana tapi Efektif

    Ilustrasi promo

    Sebuah langkah sederhana dan efektif untuk membuat pelanggan melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar pelanggan membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya sebut saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa, dan sebagainya). Sehingga omset penjualan yang kita dapat lebih dari satu jenis produk saja dan pelanggan pun mendapatkan beberapa variasi produk.


  4. Menambah Outlet Baru

    Ilustrasi membuka outlet baru

    Tujuan utama dalam menambah outlet yaitu meningkatkan layanan kepada pelanggan serta menjadikan salah satu cara bisnis dalam rangka meningkatkan jumlah pelanggan baru di berbagai daerah. Anda harus melihat apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik yang secara umum menarik seperti ukuran, pertumbuhan, profitabilitas, skala ekonomi, resiko yang rendah dan lain sebagainya. Anda harus dapat memastikan bahwa outlet baru memiliki segmen pasar yang cukup besar dan akan cukup menguntungkan bagi anda.


  5. Mengadakan Diskon Produk dan Penawaran Khusus

    Ilustrasi diskon

    Konsumen akan sangat senang jika mendapatkan diskon saat membeli produk. Untuk menawarkan diskon, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Salah satunya adalah berikanlah diskon rasional yang tidak memberatkan anda sesuai harga pokok produksi anda. Jika memberikan diskon terlalu besar, itu akan menjadi bumerang sendiri bagi anda. Jangan terlalu sering memberikan diskon karena diskon seharusnya diberikan pada saat tertentu, efektifitasnya biasanya meningkat menjelang hari raya dan akhir tahun, juga terapkanlah batas jangka waktu dalam pemberian diskon. Dan juga buatlah penawaran khusus tertentu, yang tentunya lebih menarik daripada diskon, sehingga pelanggan dapat melihat bahwa penawaran khusus biasanya diberikan demi meningkatkan loyalitas pelanggan, walaupun dalam garis besar penawaran khusus diberikan agar pelanggan lebih cepat membayar.

Dengan cara yang tepat perusahaan akan memperoleh hasil omset penjualan yang maksimal atas investasi yang ditanam. Berhasilnya sebuah bisnis didasari oleh penjualan tinggi, sebuah bisnis gagal karena penjualan rendah. Seiring perkembangan jaman, sudah banyak daerah atau kota yang dulunya sepi sekarang sudah menjadi ramai, yang dulunya tidak ada toko sekarang sudah dipenuhi toko-toko, baik toko kecil maupun yang besar. Terlebih dahulu ada baiknya anda harus menggali informasi mengenai toko mana yang bagus dan ramai untuk produk yang akan ditawarkan, atau dijual disuatu daerah. Untuk meningkatkan omset penjualan toko, tentunya juga harus didukung oleh software yang mengakomodasi semua yang dibutuhkan.

PT. GFSOFT INDONESIA
Telp. : +62 778 7433461 / +62 778 7433492
Website : www.gfsoftindo.com / www.gfsoftindo.co.id